LUWU UTARA – Melahirkan secara normal merupakan impian bagi semua ibu. Akan tetapi terkadang ada beberapa kendala yang menyebabkan cita-cita tersebut terhambat dan menepuh proses sesar untuk melahirkan.

Baca Juga : Wujudkan Konsumsi B2SA, Dinas Ketahanan Pangan Bentuk Family Farming

Di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) telah hadir sebuah inovasi di sektor kesehatan. Di mana inovasi lebih spesifik menangani persoalan ibu yang ingin melahirkan normal setelah pernah melahirkan melalui operasi sesar atau Sectio Caesaria (SC).

Wujudkan Impian Melahirkan Normal, Lutra Hadirkan Inovasi Baru
Kelas Edukasi Ibu Hamil yang digagas oleh Juinar

Inovasi ini kemudian diberi nama Kedai Bumil atau Kelas Edukasi Ibu Hamil yang digagas oleh Juinar, selaku bidan di tempat Praktek Mandiri Bidan yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara.

Adapun inspirasi dari didirikannya Kelas Edukasi Ibu Hamil tersebut adalah adanya keinginan seorang ibu melahirkan normal setelah sebelumnya melewati proses sesar.

“Yang menginspirasi saya melahirkan inovasi ini adalah adanya keinginan ibu hamil yang pernah melahirkan sesar, kemudian pada kehamilan berikutnya berniat melahirkan normal,” ungkapnya, Minggu (13/2/2022).

Juinar mengatakan, keunikan inovasi ini, mampu mengubah mindset bahwa sekali sesar harus sesar lagi, tanpa harus menggunakan obat-obatan.

“Dengan inovasi ini, ibu hamil yang pernah sesar, lebih percaya diri, merasa aman dan nyaman dalam melahirkan, dan tidak khawatir akan intervensi SC, kecuali ada hal urgen terjadi,” jelasnya.

Ia mencatat, pada tahun 2020 sebanyak 51 ibu hamil yang pernah SC atau mempunyai faktor risiko sesar dapat melahirkan secara alami.

Pun di tahun 2021, sebanyak 45 ibu hamil yang pernah SC atau mempunyai faktor risiko dapat melahirkan secara alami.