Luwu Utara, Rakyat News – Kepergian salah seorang tokoh berpengaruh di Provinsi Sulawesi Selatan ke pangkuan Ilahi, Ichsan Yasin Limpo (IYL), masih menyisakan duka mendalam bagi masyarakat di Sulawesi Selatan, salah satunya adalah Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Sosok IYL di Mata IDP; Pelopor Pendidikan Gratis

Lewat pesan whatsApp, Rabu (31/7/2019), IDP menyebut IYL adalah sosok manusia yang begitu peduli dengan sesamanya. “Orangnya baik dan peduli, selalu memberikan dukungan tidak hanya saat senang, terutama saat kami butuh support darinya,” kata Indah.

Bupati beralias IDP ini juga tidak akan pernah melupakan sosok IYL yang memiliki ciri khas tersendiri yang tentunya akan selalu dikenang, yakni tentang semangat dan perjuangan hidup. “Beliau orangnya penuh semangat, dan ia juga seorang fighter,” kenang IDP.

Bahkan, kata dia, saat dirinya membesuk IYL di Rumah Sakit Mount Rlisabeth, Singapura, IYL masih menunjukkan semangat juang yang luar biasa untuk bertahan dari kondisi sakit yang dideritanya. “Kami juga masih berdiskusi banyak tentang pendidikan,” kenangnya.

IDP menyebut IYL sebagai pelopor pendidikan tuntas berkelanjutan dan pendidikan gratis. Saat membesuk IYL di RS, IDP hampir dua jam bersama IYL. “Ini menjadi kenangan tersendiri beliau yang tidak pernah berhenti memikirkan dunia pendidikan dan kemanusiaan,” tutup IDP.

IYL adalah mantan Bupati Gowa dua periode (2005 – 2015). Wafat pada Selasa (30/7/2019) di Jepang dalam usia 58 tahun. IYL sempat ikut bertarung di Pilgub Sulsel 2018 kemarin. Namun adik kandung Syahrul Yasin Limpo ini kalah suara dari Nurdin Abdullah.