MAKASSAR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Kalimantan Timur sebagai lokasi proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tak lama setelah UU IKN mulai berlaku, Jokowi mengangkat kepala dan wakil kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang ditentukan dalam waktu dua bulan sejak berlakuya UU IKN. Dengan kata lain, Jokowi perlu mengumumkan nama pemimpin Ibu Kota baru pada 15 April 2022 mendatang.

Baca Juga : Gerakan Pemuda Ummat Selayar Desak Presiden Jokowi Copot Menag Soal Toa Mesjid

Dalam berbagai kesempatan, Jokowi menilai dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara memerlukan keterlibatan banyak pihak. Pasalnya, ke depan IKN Nusantara akan menjadi kebanggaan bersama seluruh lapisan di Indonesia.

Jokowi mengatakan, rencana pengembangan IKN Nusantara akan dimulai dari wilayah pemerintah pusat. Kemudian dimulai dengan revitalisasi dan reboisasi kawasan hutan di sekitarnya sebagai langkah awal.

“Diikuti dengan pembangunan infrastruktur dasar wilayah hijau dan biru kota, kompleks pemerintahan, perkantoran, dan perumahan beserta sarana dan prasarananya,” ungkapnya dalam acara Beranda Nusantara “Menuju Ibu Kota Negara Baru”, Rabu (23/2/2022).

Selain itu, Jokowi menilai dalam pembangunannya membutuhkan pendekatan not business as usual. Kemudian, adanya kinerja tim terbaik, perencana dan perancang kota, arsitek, insinyur, dan ahli lingkungan.

Baca Juga : 4 Tahap Penilaian Pembangunan Zona Integritas Rudenim Makassar