BULUKUMBA – Sebuah masjid ikonik yang menyerupai bangunan Ka’bah yang berada di Masjidil Haram Tanah suci Mekkah kini telah ada di Tanete Kecamatan Bulukumpa, tepatnya di kompleks Bola Kambarae, yang berada di depan Kantor Camat Bulukumpa, Jumat (04/03/2022).

Baca juga : Dinkes Ajak Media Ikut Andil Sukseskan Vaksinasi dan Imunisasi
Andi Utta Resmikan Masjid Bentuk Ka’bah

Masjid yang peletakan batu pertamanya Agustus 2021 yang lalu ini diresmikan oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf pada Jumat 4 Maret 2022 bertepatan 1 Syaban 1423 hijriah atau sebulan sebelum memasuki bulan ramadan.

Ketua Panitia pembangunan masjid, A Wahyu Ramadhan menyampaikan nama masjid diambil dari nama istri Rasulullah SAW yakni Sitti Aisyah.

“Masjid Sitti Aisyah ini diambil dari keistimewaan seorang Istri Rasulullah SAW,” ungkapnya.

Wahyu juga menambahkan, Sitti Aisyah merupakan nama dari ibunda Syamsiar Saleh, istri Alimuddin Beddu yang merupakan donatur utama pembangunan masjid ini. Alimuddin Beddu adalah pengusaha dan pemilik perusahaan Arta Group.

Sitti Aisyah juga adalah nama dari ibunda Andi Rahmat Ansaruddin selaku pihak yang mewakafkan lahan untuk bangunan masjid, yaitu, Andi Sitti Aisyah yang akrab disapa Karaeng Bintang.

“Jadi penamaan masjid ini, lebih kepada penghargaan untuk seorang ibu yang telah mengasuh dan membesarkan anak anaknya,” terangnya.

Dikatakan hadirnya Masjid Sitti Aisyah sebagai tempat ibadah umat muslim selaras dengan prinsip dan unsur budaya Bulukumpa Toa yaitu untuk
selalu dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung program pemerintah.

Masjid Sitti Aisyah pun diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah masyarakat serta menjadi sarana dan prasarana kegiatan sosial lainnya.