MAKASSAR – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Mahyuddin menganggap bahwa kontribusi media atas kebutuhan informasi masyarakat sangat dibutuhkan.

peran media sebagai penyalur informasi kepada masyarakat sangat kuat dan dapat mencegah penyebaran berita HOAX yang kini marak penyebarannya oleh oknum yang tak bertanggung jawab, Selasa (8/3/2022).

Mahyuddin mengatakan, yang perlu diperhatikan pada era digital saat ini, yaitu akses penyebaran informasi kepada masyarakat hingga berita Hoax juga mudah tersebar.

“Yang perlu juga diantisipasi sekarang dengan era digital ini gampangnya orang memperoleh informasi ,yang perlu diantisipasi itu adalah penyebaran informasi yang tidak jelas, apalagi informasi HOAX. Hoax kan tidak benar,” jelasnya kepada Rakyatdotnews.

Baca Juga : Keterbukaan Informasi Publik Kominfotik Wajo Peroleh Pengakuan KI Sulsel

Tambahnya, ia juga berharap kepada media untuk selalu memberikan pemahaman tentang bahaya informasi yang Hoax atau Diss Informasi karena peran media sangat besar dalam penyebaran informasi.

“Kami  harapkan peran media selalu sampaikan bahayanya informasi HOAX, kalau kami dari Diskominfo itu Namanya Diss Informasi, informasi yang tidak benar informasi yang tidak jelas kami juga mengharapkan media-media ini menyampaikan karena peran media sangat besar dalam penyebaran informasi,” ucapnya.

Lanjutnya, Diskominfo rutin menyampaikan himbauan kepada masyarakat melalui dialog di Televisi, media, dan podcast, maupun radio bahwa setiap ada informasi yang diperoleh maka harus memperhatikan dulu sebelum membagikan yang artinya masyarakat harus melihat apakah informasi tersebut memang layak untuk disampaikan kepada orang-orang.

“Kami selalu menghimbau masyarakat di dialog Televisi, di media, di podcast kami selalu sampaikan ini, di radio kami sudah sampaikan. Setiap memperoleh informasi dari luar saring dulu baru sharing, artinya kita liat dulu betul tidak informasi ini, berguna tidak informasi ini , apakah bisa disebarkan informasinya baru kita sebarkan,” tuturnya.

Baca Juga : Silaturrahmi Bersama Awak Media, Ini Harapan Pemda Pangkep

Pilihan Video