MAKASSAR – Kepala Sub Bidang (Kasubid) Inovasi dan Teknologi Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Provinsi Sulawesi Selatan, Dermayana Arsal, S.Hut, M.P, Ph.D. mengatakan adaptasi itu perlu, karena cara itulah yang dapat menghasilkan inovasi.

Baca juga: Penyusunan RKPD 2022, Bappelitbangda Gelar Forum Perangkat Daerah

Tujuan inovasi daerah dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 38 tahun 2017 yaitu untuk meningkatkan pelayanan publik, pemberdayaan peran serta masyarakat, dan untuk peningkatan daya saing daerah. Dimana mengandung pembaharuan dan manfaat bagi daerah atau masyarakat yang sesuai dengan regulasi yang ditentukan.

Dermayana mengatakan inovasi harus berbeda dengan tahun sebelumnya sehingga memerlukan adaptasi sesuai masanya. Serta selalu mencari cara atau metode untuk menghasilkan sesuatu yang baru.

“Kita memang perlu untuk beradaptasi, cara beradaptasi itulah yang nanti akan menghasilkan inovasi. Kalau kita itu melaksanakan sesuatu sama dengan tahun-tahun sebelumnya artinya kita tidak melakukan suatu perubahan karena permasalahan yang harus kita selesaikan harus sesuai dengan waktunya,” jelasnya pada Jumat (18/3/2022).

Untuk mendorong ide-ide kreatif utamanya bagi tiap-tiap Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD), perlu dorongan dari pemerintah dengan pembentukan tim kerja yang telah dibina. Di Sulawesi sendiri tercatat tingkat kategori sangat inovatif berada dikisaran 14% dalam catatan rakornas kelitbangan pemerintahan dalam negeri tahun 2019.

Ia menilai inovasi itu bisa terjadi kalau kita tahu kuncinya. Ada tiga hal yaitu yakin, mau, dan tahu caranya. Itulah yang diharapkan, agar pemerintahan dapat menghasilkan inovasi. Jika yakin dan tahu tapi tidak ada kemauan maka ia mengibaratkannya seperti ide saja, tidak ada aksi.

“Kalau berbicara inovasi, saya berpikir ada tiga kunci yang harus kita tahu dan kita laksanakan. Yang pertama itu harus ada keyakinan dulu. Yang kedua ada kemauan, dan terakhir kita tahu bagaimana caranya. Nah, itulah yang sebenarnya kita harapkan dari pemerintahan. Inovasi yang muncul dari itu yakinlah bisa berhasil. Believe, want, and how,” tutupnya.

Baca Juga : Bapelitbangda Gencarkan Kolaborasi dan Pendidikan Anak Putus Sekolah

Pilihan Video