Makassar, Rakyat News – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Makassar sosialisasi integrasi data elektronik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal itu merujuk pada Peraturan Wali Kota (Perwali) No 4 tahun 2016 tentang integrasi data ke pusat elektronik.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Ichwan Jacub mengatakan, kegiatan ini sudah rutin dilakukan dalam dua tahun terakhir.

“Sudah berlangsung dan menjadi rutinitas dari Diskominfo sejak dua tahun terakhir. Hal ini terkait masalah pengelolaan data bagi teman-teman yang ada di SKPD,” kata Ichwan, Selasa (25/6/2019(.

Menurutnya big data sangat penting bagi pemkot karena dalam hal ini seluruh SKPD dapat disatukan dalam big data tersebut serta dapat menyebar luaskan hal–hal penting ke publik dan juga sebagai bentuk pelayanan publik yang tercepat.

“Kenapa ini begitu penting dan perlu kita kedepankan khususnya untuk Kominfo, karena Perwali ini mudah-mudahan disikapi oleh teman-teman,” jelasnya

Dia berharap data dari SKPD terkait secepatnya rampung dan terintegrasi dalam big data.

“Kita harap data yang terintegrasi dari teman-teman SKPD itu sudah satu dalam wall room sehingga kita mendapatkan hasil big data yang dapat dipergunakan Pemkot dan sekaligus menjadi pelayan publik yang cepat,” tutur Ichwan

Dari harapan tersebut, Ichwan melanjutkan, diciptakanlah integrasi seperti ini, sebagai bentuk pengambil kebijakan seorang pimpinan serta memberikan informasi data yang lengkap terhadap SKPD kepada masyarakat.