Dari Sukamaju Selatan, Tim Penilai yang didampingi Asisten II Muhammad Yamin, Asisten III Eka Rusli, Kabag Organisasi Muhammad Hadi, dan Tim Pelaksana Warkop Indah, melanjutkan perjalanan verlap-nya di Kecamatan Tanalili, kecataman yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Luwu Timur.

Lokus yang dikunjungi adalah Puskesmas Tanalili. Dua inovasi sekaligus diverlap oleh Tim Penilai di Puskesmas Kecamatan Tanalili, yaitu Kejar Stunting dan Kedai Bumil. Di Puskesmas itu, Kadis Kesehatan Marhani Katma turut menyambut kedatangan tim penilai.

Baca Juga: Segera, Tim Verlap KIPP Sulsel Bakal Tinjau 4 Inovasi Luwu Utara yang Masuk Top 50

Inovator Kejar Stunting, Nisma, di hadapan tim penilai menyampaikan bahwa inovasi Kejar Stunting adalah inovasi yang dapat mengatasi persoalan stunting di Kabupaten Luwu Utara. Pelibatan tenaga bidan dalam inovasi ini, kata dia, sangat membantu dalam proses pemijatan. Karena menurut dia, para bidan ini sudah mendapatkan pelatihan terlebih dahulu.

“Dengan pemijatan ini, refleks isap bayi itu lebih meningkat, dan tidurnya pun lebih nyenyak. Tidak lupa juga kami berikan penambahan nutrisi kepada bayi-bayi tersebut,” jelas Nisma, yang juga Kepala Puskesmas Tanalili ini.

Tim Penilai Ahmar Djalil rupanya tertarik dengan apa yang dijelaskan inovator Kejar Stunting. Ia pun ingin pembuktian bahwa dengan pemijatan, bayi-bayi akan lebih baik pertumbuhannya dan lebih baik dalam perkembangannya, terutama pascapijatan oleh bidan.

Baca Juga: Pemkab Luwu Utara Beri Perlindungan AUTP 11.000 Hektare kepada Petani

Ahmar bersama Tim Penilai lainnya, Lukman, meninjau proses pemijatan bayi yang letaknya di lantai dua Puskesmas Tanalili. Tak dinyana, kedua tim penilai ini terkesima melihat proses pemijatan yang dilakukan para bidan, utamanya bayi-bayi yang selesai dipijat.