RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Jika tidak terdapat perubahan, Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan keputusan mereka terkait gugatan terhadap model Pemilu Legislatif 2024, pada Kamis, 15 Juni 2023, apakah tetap menggunakan sistem proporsional terbuka atau tertutup, atau kombinasi dari keduanya.

“Bagaimanapun, ketakpastian model Pileg 2024 sementara proses pendaftaran Bacaleg sudah berlangsung sejak sebulan lalu, tentu menjadi catatan tersendiri,” ujar Sekjen DPP Mileanies, Asri Tadda.

“Saya berkeyakinan, sebagian besar yang mendaftar Bacaleg saat ini berasumsi bahwa Pileg 2024 akan dilangsungkan secara terbuka sebagaimana sebelumnya di Pileg 2019,” lanjutnya.

Ia juga menerangkan bahwa ketika asumsi tersebut bertolakbelakang dengan keputusan MK hari ini, seperti penetapan Pemilihan Legislatif (Pileg) menggunakan sistem proporsional tertutup, dirinya merasa khawatir mayoritas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) memilih untuk tidak berpartisipasi dalam pemilihan mendatang.

“Kita tentu tak ingin hal tersebut terjadi. Kita niscaya berharap, sebagaimana juga diinginkan oleh 7 Parpol peserta Pemilu 2024, Pileg mendatang masih tetap menggunakan sistem proporsional terbuka sembari kita lakukan pembenahan-pembenahan yang memang dianggap perlu,” ujar Asri.

“Secara personal saya sebenarnya setuju dengan sistem proporsional tertutup. Saya menganggap itu memang ideal diberlakukan, tetapi hanya jika kondisinya memungkinkan, yakni terlebih dahulu harus ada modernisasi sistem kepartaian di negara kita,” sambungnya.

Ia mengatakan bahwa modernisasi dapat dilakukan dengan membuka keran pembiayaan partai oleh negara melalui APBN sehingga parpol memikul konsekuensi untuk bekerja secara akuntabel dan transparan, dapat diaudit oleh sistem kenegaraan.

Jika hal tersebut terjadi, lanjutnya, maka para Bacaleg akan dapat lebih fokus menjalankan tugas dan fungsi pokoknya sebagai kanal Pendidikan dan rekruitmen politik di masyarakat. “Dengan begitu, pola kaderisasi dan levelisasi keanggotaan dalam partai memungkinkan berjalan dengan baik hingga ke lapisan paling bawah sekalipun,” ujar Asri.