RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pengamat politik, Jerry Massie menilai bahwa Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 harus memiliki kekuatan politis, logistik, dan elektoral.

“Tiga hal itu tak bisa dipisahkan. Karena kalau hanya kuat secara politis atau elektoral tapi kalau logistik tidak ada ya susah juga, begitu juga sebaliknya,” kata Jerry kepada Rakyat News, Senin, 14 Agustus 2023.

Diketahui, tiga parpol yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yakni NasDem, PKS, dan Demokrat belum satu suara soal sosok bakal cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Ketiga parpol tersebut berkomitmen menyerahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan bakal cawapres pendampingnya di Pilpres mendatang.

Meski keputusan di tangan Anies, namun muncul suara desakan dari internal koalisi, yakni Partai Demokrat dan PKS agar bakal cawapres segera diumumkan.

Sementara NasDem memberi sinyal dan ingin cawapres Anies diumumkan di menit terakhir. NasDem juga meminta mitra koalisi bersabar dan tidak mendesak Anies untuk sesegera mungkin mengumumkan wakilnya.

Belum adanya deklarasi atau penentuan bakal cawapres pendamping Anies ini menjadi diskusi hangat di ranah publik.

Sejumlah nama pun mengemuka dan masuk dalam bursa bakal cawapres yang akan berpasangan dengan Anies.

Sejak awal pembentukan koalisi, dua nama yang mencuat sebagai kandidat kuat bakal cawapres pendamping Anies, yakni Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Ahmad Heryawan (Aher).

Seiring berjalannya waktu, muncul nama- nama lain yang juga dinilai layak untuk dipasangkan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu di Pilpres 2024.

Nama-nama tersebut, seperti Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastut; mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo; hingga putri Presiden ke-4 Gus Dur yakni Yenny Wahid.
Bahkan, terkini muncul isu Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh juga masuk bursa bakal cawapres pendamping Anies.