10 Tahun Kemudian. 

Sepuluh tahun semenjak menyaksikan laga Yokohama FC vs PSM, “Pak Dhani” Kemudian terpilih sebagai Walikota Makassar. Dia menggantikan Ilham Arief Sirajuddin, sohibnya yang telah memimpin Makassar selama sepuluh tahun. Bukan sekadar sohib, “Pak Dhani” yang kemudian akronimnya beralih “Pak DP”  bukanlah sebagai sosok yang baru bagi Makassar dan PSM.  Pada banyak hal di mana keduanya saling berangkulan atas nama Makassar. 

Lalu pada tahun 2023 ini, setidaknya menyisakan setahun lebih lagi DP (Dhani Pomanto) akan menakhodai kota Makassar.  Rasanya kurang elok jika jiwa arsitek nya tak mendesain sebuah stadion  bagi kota Makassar.  Tak perlu megah dan canggih seperti stadion di pulau Jawa, Kalimantan dan Papua.  Ini bukan pula latah latahan ikut berlomba seperti pemda  lain yang ikut membangun stadion tetapi  lantaran kota Makasssar adalah kota berjiwa sepak bola sehingga pantas jika  di kota ini telah berdiri stadion yang dibangun oleh Pemkot Makassar.  Sekali lagi tak perlu mewah dan luas. Dengan menghadirkan stadion kapasitas 25 ribu orang, lapangan berstandar FIFA, pintu masuk mudah diakses oleh publik,  banch pemain yang bersih dan kuat, ruang ganti pemain yang nyaman, tertata dan bagaikan kamar, toilet pemain dan penonton pun bersih dan tak bau pesing, papan dan ebord telah serba digital maka ini sudah cukup membanggakan bagi publik Makassar. 

Bagaimana stadion itu dapat disebut standar?  Dapat dijangkau oleh kendaraan umum,  kursi nya single seat,tersedia pintu masuk, pintu keluar dan pintu darurat, penerangan yang cukup baik di dalam stadion maupun di luar stadion, ada giant screen sebagai media informasi kepada penonton, jalur khusus untuk petugas keamanan,  tersedia pos kesehatan untuk penonton serta lahan parkir yang memadai. 

Jika hal ijo telah tersedia maka ke depan,kota Makassar kelak akan kebagian slot dari PSSI untuk perhelatan sepak bola kelas internasional. Event Organizer tentu akan memiliki gairah menggelar konser konser internasional begitu pula pengurus PSSI di daerah akan percaya diri menggelar turnamen sepak bola skala nasional lalu akan mengundang klub klub terbaik di tanah air.  Bukan tidak mungkin kehadiran klub klub tersebut bertanding di Makassar maka akan mendatangkan pendapatan bagi kota ini sebab dapat dipastikan suporter mereka akan datang ke Makassar menyaksikan laga tersebut.  Saya yakin kehadiran stadion sebagai lambang sepak bola dunia akan menggairahkan  kembali sepak bola di Makassar. Gelora sepak bola akan bangkit dan kota ini akan melahirkan pesepak bola nasional. Gairah sekolah sepak bola yang akan membina pemain muda akan bermunculan sebab fasilitas utama telah dihadirkan oleh Dhani Pomanto sebagai Walikota Makassar. Sekali lagi, mumpung Makassar dipimpin oleh seorang arsitek maka eloklah rasanya jika DP menghadirkan kembali stadion sepak bola di tanah Makassar. “Tak perlu mewah, asal memenuhi standar”. Kita tidak berbicara tentang PSM tetapi tentang sepak bola di Makassar.