Apabila kampus tidak dapat mengatasi hal tersebut dengan sigap dan tegas agar tidak terjadi lagi di tahun-tahun yang akan datang, maka kampus tidak dapat mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia dalam pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap warga negara Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta dalam perdamaian dunia.

Ospek yang mencerdaskan

Ada berbagai macam solusi untuk mewujudkan hal tersebut. Kata Zaitun, pimpinan kampus serta dosen berkolaborasi aktif dalam peningkatan keilmuan mahasiswa. Untuk itu, mahasiswa seharusnya melakukan aksi nyata dalam penerapan ilmu yang telah diterima. Selanjutnya, penerapan sikap profesionalitas pada setiap kondisi, baik itu dari pihak kampus dan juga mahasiswa, khususnya dalam kegiatan OSPEK kampus setiap tahunnya.

Mengutip dari pernyataan Dr. Martin Luther King Jr, bahwa. “Fungsi pendidikan adalah mendidik seseorang untuk berpikir secara intensif dan berpikir kritis. kecerdasan plus karakter, itulah tujuan pendidikan sejati.”

“Sebuah kemunafikan bagi saya jika mengatakan cerdas pada pungli di momentum masuknya mahasiwa baru, yang notabenenya memiliki niat belajar dan semangat menerima bimbingan keilmuan dari kampus itu sendiri,” tutup Zaitun.