RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menekankan jika Indonesia dapat berperan penting dalam kontestasi global, tidak hanya jadi penonton.

Dalam debat Capres-Cawapres ke-3, Minggu (7/1/2023), Anies menegaskan jika ia berjanji akan menjadikan Indonesia sebagai pelaku utama dalam kontestasi global bila mendapatkan kepercayaan memimpin oleh rakyat.

“Indonesia tidak hadir sebagai penonton, tetapi hadir sebagai penentu arah perdamaian, kemakmuran, bagi seluruh bangsa, di level global, maupun di level regional,” tegasnya.

Oleh karena itu, Anies mengungkapkan jika ia bersama Muhaimin Iskandar memiliki rencana untuk menampilkan kekuatan Indonesia, baik dalam kebudayaan, kesenian hingga kuliner dapat mewarnai dunia Internasional.

“Kami ingin film kita, seniman kita, kuliner kita, diplomat kita, diaspora kita menjadi fenomena dunia. Hadir mewarnai kancah internasional,” ungkapnya.

Perlu diketahui, bahwa debat capres ketiga ini mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Masih ada dua rangkaian debat capres-cawapres lainnya yang dijadwalkan akan berlangsung pada 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.