RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel ), meminta masyarakat tetap tenang menyikapi hasil hitung cepat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang dirilis sejumlah lembaga survei sambil menunggu hasil penghitungan suara resmi dari KPU RI.

Diketahui, hitungan cepat quick count dari sejumlah lembaga survei menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul sementara.

“Saya pikir masyarakat kita sudah dewasa, terbiasa berpemilu, hasil quick count itu cuma alat bantu. Kalau di KPU (hasil penghitungan manual) yang kami rilis secara pasti, itu apa yang kami putuskan dalam proses rekap berjenjang,” kata Ketua KPU Sulsel, Hasbullah kepada wartawan, Rabu (14/2/2024), mengutip Antara.

Hasbullah menyampaikan bahwa akan dilakukan perhitungan hingga proses rekapitulasi secepatnya.

“Jadi setelah malam ini, perhitungan, akan naik ke PPK rekapitulasinya, kemudian ke kabupaten plenonya untuk rekap masing-masing kecamatan, selanjutnya naik ke Provinsi. Itu yang menjadi pegangan kami sebagai hasil,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat menyikapi hitung cepat bukan sebagai keputusan resmi sebab ada mekanisme alur penghitungan suara secara berjenjang sampai kepada putusan finalnya di KPU RI.

“Untuk menyikapinya, kami minta kedewasaan semua warga dan para pendukung masing-masing pasangan calon atau peserta pemilu. Tunggu hasil resmi yang akan disampaikan KPU RI,” harapnya.