RAKYAT NEWS, MAKASSAR –  Kota Makassar menjadi pusat ibu Kota Sulawesi Selatan yang hampir sejajar dengan kota besar di Indonesia. Tentunya kondisi Kota Makassar memiliki banyak permasalahan yang hampir dirasakan semua kota yang ada di Indonesia. beberapa masalah kami rangkum yakni :
Masalah Darurat Sampah
Kota makassar mengalami masalah darurat sampah yang menyebabkan timbunan sampah yang mencapai 50 meter dan terjadi kebakaran sehingga solusi yang ditawarkan ialah mengembangkan sistem pengumpulan dan pengolahan sampah yang efektif serta pengembangan infrastruktur yang mempermudah pengumpulan sampah.
Pertumbuhan Ekonomi
Makassar tentu memiliki potensi dan peluang bisnis yang begitu tinggi adapun solusi yang ditawarkan adalah pengembangan infrastruktur, pengembangan industri dan peningkatan kemampuan kerja sama international.
Perkembangan Teknologi
Kota Makassar merupakan kota yang berpengaruh dalam perkembangan teknologi, seperti pengembangan kota menuju smart city solusi yang dilakukan sebaiknya pengembangan infrastruktur teknologi, serta pengembangan kemampuan teknologi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Pendukung Politik
Kota Makassar merupakan pusat pemerintahan, simpul jasa angkutan barang dan penumpang baik darat, laut maupun udara dan pusat pelayanan pendidikan dan kesehatan solusi yang ditawarkan adalah peningkatan kemampuan pemerintah lokal dan pemerintah provinsi serta peningkatan kemampuan pelayanan pendidikan dan kesehatan.
.
Kondisi makassar hari ini cukup memprihatinkan, melalui tulisan ini semoga bisa menjadi kajian khusus untuk dijadikan bahan referensi, berbagai problematika yang terjadi di kota makassar tentunya tidak mungkin hanya sebagai beban pemerintah selaku pihak yang mengambil keputusan dan menentukan kebijakan namun ini adalah beban kita bersama, anak muda, para akademisi, mahasiswa, pemerintah dan prkatisi tentu harus ikut andil dengan menguraikan berbagai ide dan gagasanya demi kemajuan kota daeng/kota makassar.
Mustahil jika permasalahan ini akan menjadi beban anak cucu kita di hari kemudian, maka dari itu diperlukan kolaborasi untuk menyusun visa dan misi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kota makassar. Secara garis besar bahwa makassar sebentar lagi akan menjadi kota indah yang tentu akan diperhitungkan di kancah nasional sehingga kolaborasi dan inovasi adalah kunci utama.