MAKASSAR – Dua warga negara asing (WNA) Inggris bernama Liam (27) dan Alex (19) hilang saat mendaki Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis (27/10/2022).  

Baca Juga : Turun Gunung, Para Eks Kapolri Kunjungi Mabes Polri

Tim SAR dikerahkan setelah menerima informasi dari Konsulat Inggris. Liam dan Alex dikabarkan memulai perjalanan dari Pura Pasar Agung pada Kamis (27/10/2022). Sekitar pukul 21.40 WITA, Konsulat Inggris melaporkan keduanya hilang.

Koordinator Lapangan SAR, Putu Agus Handika Bhayangkara mengatakan 10 orang dari tim penyelamat Posko SAR Karangasem berangkat ke Gunung Agung pada pukul 21.55 WITA. Mereka kemudian melakukan pendakian dari Pura Pasar Agung.

Pada Jumat (28/10) pukul 02.10 WIB, mereka menempuh rute dengan ketinggian 2.220 mdpl untuk mendapat akses jalan menuju korban yang berada di ketinggian 1.800 mdpl.

“Akhirnya berselang dua setengah jam kemudian, kedua korban berhasil ditemukan,” ujarnya, Jumat (28/10/2022).

Kedua WNA tersebut ditemukan selamat di ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut dan diarahkan ke Telungbuana, Desa Sebudi, Karangasem. Keduanya selamat dan dapat melanjutkan perjalanan turun mereka.

Setelah cuaca cerah dan matahari terbit, tim SAR gabungan mengevakuasi korban ke Embung Telungbuana.

“Kendala yang sempat dihadapi tim SAR gabungan yakni akses jalan setapak tak terlihat jelas, karena jarak pandang terbatas dengan cuaca berkabut dan hutan yang lebat. Akhirnya pada pukul 07.07 Wita mereka tiba di Desa Sebudi Telungbuana, dengan selamat. Dan WNA bernama Alex mengalami cedera pada kaki dan selanjutnya dibawa ke puskesmas Selat dengan menggunakan ambulans PMI Karangasem,” katanya, dilansir merdeka.com.

Baca Juga : Kejagung Masih Teliti Berkas Perkara Kasus Dana ACT