MAKASSAR – BPJS ketenagakerjaan Kota Makassar gelar sosialisasi untuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan program bergerak bersama bermakna yang di ruang pertemuan Kantor Kelurahan Gunung sari Jalan Kompleks P&K, Kecamatan Rappocini, senin(10/7/2023).

Ishak, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar, mengungkapkan Program BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya untuk pekerja formal, seperti pekerja kantoran, namun juga untuk pegawai informal, seperti pedagang, tukang, dan lain sebangainya, hanya dengan Rp16.800,- pekerja sudah terlindungi di program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

 

M Irfan pembicara dari BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar menjelaskan kegiatan sosialisasi program bergerak bersama bermakna melibatkan seluruh perangkat pemerintahan Kota Makassar mulai dari RT, RW, Lurah, Camat untuk mengedukasi masyarakat yang bekerja secara informal yang tidak memiliki gaji bulanan, contohnya seperti buruh harian, tukang sayur, pengemudi bentor, pengemudi ojol motor maupun mobil.

“Kami libatkan RT dan RW untuk mengedukasi warganya yang bekerja secara informal, agar terciptanya saling bantu membantu sesama warga,” ungkapnya.

Tambah Irfan dengan membayar iuran sebesar Rp.16.800/bulan peserta akan mendapatkan jaminan kecelakaan kerja dan santunan kematian akibat kecelakaan kerja dengan nilai santunan 42 juta rupiah.

“Iuran yang sebesar Rp.16.800/bulan yang dibayarkan peserta nantinya yang akan menikmati peserta itu sendiri, mulai dari Rumah sakit apa bila mendapatkan kecelakaan kerja akan dirawat di kelas 1, dan apa bila meninggal dunia dalam kecelakaan kerja akan mendapat santunan sebesar Rp.42.000.000,” tambahnya.

Irfan berharap seluruh RT dan RW dapat menyampaikan kepada warganya untuk mengikuti program ini, untuk dapat saling membantu semua masyarakat.

Sementara itu Lurah Gunung Sari Musta’ani Fitriyanti, S.sos mengapresiasi kegiatan BPJS Ketenagakerjaan ini, dengan adanya sosialisasi ini RT dan RW bisa mengedukasi warganya untuk mengikuti program bergerak bersama berjuang untuk saling membantu kita semua.

“Saya harapkan seluruh warga Kelurahan Gunung Sari dapat mengikuti program ini untuk bersama-sama saling bantu membantu,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Lurah Gunung Sari Musta’ani Fitriyanti, S.sos, Bimas Gunung Sari Aiptu Syahrir Z, seluruh RT dan RW se Kelurahan Gunung Sari.