MAKASSAR  – Forum Koordinasi Pencegahan Teroris (FKPT) Sulsel menggelar sosialiasi penanganan dini radikal terorisme bagi perempuan bertajuk “Perempuan Teladan, Optimis dan Produktif (TOP) Cerdas Digital Satukan Bangsa” di ruang Senat Rektorat Universitas Hasanuddin Makassar, Rabu (12/7/2023).

Prof. Farida Pattinggi selaku anggota inti FKPT Sulsel menyampaikan keterlibatan perempuan sangat diperlukan dalam menangkal setiap pergerakan radikalisme semakin merebak di masyarakat.

“Perempuan terutama yang kita libatkan. Kenapa ? Karena saat ini bahkan banyak yang sudah menjadi pelaku,” ungkapnya.

Prof. Farida juga mengatakan pentingnya dilaksanakan sosialisasi ini agar informasi lebih cepat tersampaikan.

Peran dan pencegahan juga pemahaman dengan proses digitalisasi disebutnya diyakini mampu meminimalisir informasi terkait perkembangan dunia luar bukan hanya dilingkungan keluarga.

“Walau salah satu faktor pemicu terpaparnya radikalisme karena lingkungan, tetapi perlu diketahui juga bahwa digitalisasi mampu lebih cepat terserap oleh sebagian masyarakat,” tuturnya.

Karena itu, pihaknya dalam hal ini FKPT Sulsel terus melakukan pendekatan dengan sosialisasi kepada sejumlah organisasi perempuan, mahasiswa dan seluruh jaringan yang dianggap perlu untuk diberi pemahaman.