SELAYAR – Dinas Kebudayaan Kota Makassar menampilkan Tarian Masitasi dan Tari Pepeka Ri Makka di Taman Pelangi Festival Takabonerate & Dive Camp 2023, Selayar (26/10/2023).

Tarian Masitasi merupakan singkatan dari Mali’Siparappe, Tallang Sipahua yang memiliki makna agar tidak tenggelam terbawa arus air kita harus saling tolong menolong, sedangkan Tarian Pepeka Ri Makka secara historis terkait dengan penyebaran agama Islam sekitar abad ke-17.

Dalam atraksi tari Pepe-pepeka Ri Makkah, penari mengajak Tamu kehormatan pada acara itu dibakar tubuhnya menggunakan api dari obor selama sekitar satu menit. Musik gendang dan tarian mengiringi prosesi “pembakaran”

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si. sangat mengapresiasi penampilan sanggar binaan Dinas Kebudayaan kota Makassar, sangat menarik dan saya sendiri baru merasakan di bakar langsung.

Sementara itu Irmayanti, S.Hut, MM Kepala Bidang Penerapan Budaya Dan Kesenian Disbud Kota Makassar tampilan tarian dari Binaan Disbud, sesuai ekspektasi saya sangat menarik dan atraktif, dengan persiapan yang sangat matang dan durasi latihan yg cukup lama hampir 3 minggu.

“Tampilan sanggar seni Patonro dan Paropo sangat tampil memukau penonton di Taman Pelangi Kabupaten Kepulauan Selayar,” katanya.

Festival Takabonerate dan Dive Camp 2023, ini digelar selama 5 hari yang akan menyajikan keunikan dalam pelaksanaannya, beberapa diantarax event yang menggabungkan antara event Wisata Bahari, Wisata Alam, Wisata Budaya dan Wisata Sejarah yang didukung oleh penampilan kesenian kontemporer dari daerah Sulawesi Selatan.**