Sementara itu, Director External Relations, Endra Kusuma menuturkan, jika kehadiran PT Vale melalui program pemberdayaan masyarakat turut mendorong kemandirian masyarakat, terutama dalam mempersiapkan pasca tambang kelak.

“Pembinaan ini merupakan dukungan agar para pelaku UMKM bisa bertumbuh dan terus berkembang usahanya. di perjalanannya program ini disadari belumlah sempurna, namun kita bersama terus melakukan improvement kedepannya. Kami berharap masyarakat bisa mandiri dalam mempersiapkan usaha mereka,” tuturnya.

Endra Kusuma mengungkapkan, kegiatan Rembuk UMKM diharapkan dapat menjadi forum silaturahmi, menjadi tempat berbagi pengetahuan, inspirasi, tips menjalankan usaha, dan forum kolaborasi, ketiga sebagai forum fasilitasi.

“Misalnya UMKM kesulitan dalam mengurus legalitas, atau izin usaha, atau pemasaran hingga kebijakan, maka harapannya kemudian butuh dijembatani ke pemerintah, Lembaga atau para pihak terkait lainnya untuk selanjutnya difasilitasi. Ini semua semata untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan usaha para pelaku UMKM,” harapnya.**