Laporan Tim Jelajah Ramadhan Berkah (Tim JRB).

JENEPONTO – Selama Ramadhan, fungsi masjid tidak sebatas digunakan untuk beribadah saja, namun juga sebagai tempat istirahat oleh masyarakat yang berpuasa.

Situasi ini terlihat saat Tim Jelajah Ramadhan Berkah (Tim JRB) sedang berada di Masjid Agung Jeneponto, Jumat (15/3/2024)

Banyak masyarakat yang beristirahat setelah mereka melaksanakan sholat Jumat atau pun sholat Zuhur.

Pantauan Tim JRB memasuki hari keempat Ramadhan. banyak warga yang memilih beristirahat di masjid. Apalagi bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan, beristirahat di masjid tentu menjadi pilihan terbaik.

Rakyat News

Jika biasanya di luar bulan Ramadhan, suasana masjid langsung lengang selepas salat Jumat atau Zuhur, berbeda dengan bulan Ramadhan ini yang tetap ramai oleh jamaah. Mereka beristirahat sejenak sebelum kembali ke untuk beraktivitas. Ada yang sambil baca Al-Qur’an, ada yang tidur, dan ada bersenda gurau bersama teman sambil bermain gawai.

Menurut Tuan Kamal (58), salah seorang jamaah masjid Agung, dirinya sering memanfaatkan ruangan besar Masjid Agung untuk beristirahat. Dia memilih istirahat di sini karena suasana di tempat tersebut sangat nyaman dan sejuk di siang hari. Banyak orang yang beristirahat di masjid saat menjalani puasa Ramadhan.

Banyak orang yang beristirahat di masjid saat menjalani puasa Ramadhan. “Di saat bulan puasa seperti ini, memang paling enak beristirahat di Masjid. Ketika selesai Shalat Dzuhur, saya bisa tidur-tiduran sambil menunggu masuknya waktu Salat Ashar,” tutur Tuan Kamal.

Sementara itu, jamaah lainnya Sulaeman Natsir Dg. Naba menjelaskan di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan limpahan Rahmat ini, ia seringkali memanfaatkan waktu untuk melakukan dan memperbanyak amal ibadahnya. Salah satunya dengan mengaji.