RAKYAT.NEWS, BEKASI – Grand Final Pemilihan Duta Baca Kota Bekasi Tahun 2024 telah dilaksanakan setelah melalui serangkaian seleksi pada hari Rabu (10/07) oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disarpusda) di Gedung Balai Patriot, Bekasi.

Acara Grand Final dihadiri oleh Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad, dan istri beliau Yolla Kusuma Gani yang juga menjabat sebagai Bunda Literasi serta menjadi salah satu juri bersama juri-juri ahli lainnya.

Sebanyak 14 finalis bersaing untuk meraih gelar Duta Baca Kota Bekasi Tahun 2024, yang akan mewakili Kota Bekasi dalam pemilihan Duta Baca Jawa Barat selanjutnya.

Finalis Duta Baca adalah para pelajar yang diharapkan dapat menjadi teladan bagi Pemerintah Kota Bekasi dalam memberikan inspirasi kepada masyarakat sekitar untuk lebih menyukai kegiatan membaca.

“Memiliki kemampuan berliterasi berarti semakin mampu membuka jendela pengetahuan dunia selebar-lebarnya. Memiliki kemampuan berliterasi juga menjadikan seseorang mengenal makna dan kritis yang konstruktif, maka dari itu merupakan tugas para Duta Baca untuk memberikan edukasi dan mengajak khalayak luas untuk lebih gemar membaca sehingga meningkatnya kemampuan literasi,” ujar Gani Muhamad dalam sambutannya.

Bunda Literasi, Yolla Kusuma Gani juga berharap bahwa melalui Grand Final ini, akan lahir Duta Baca yang lebih kreatif, inovatif, dan berkompeten.

“Semoga setelah ini, akan lahir generasi Duta Baca berikutnya, yang semakin mampu mewujudkan cita-cita besar Pemerintah Kota Bekasi, yakni membiasakan gemar membaca literatur di kalangan masyarakat manapun, dengan semakin melahirkan ide-ide yang lebih kreatif dan dengan program-program yang inovatif, serta semoga diiringi dengan kemampuan diri yang terus meningkat,” tutup Yolla.