RAKYAT NEWS, SURABAYA – Sebuah video yang menampilkan aksi seorang polisi wanita (polwan) dan beberapa anggota polisi yang menegur seseorang yang sedang makan karena dianggap tidak sopan, menjadi viral di media sosial.

Video yang merekam polwan mengganggu orang yang sedang makan tersebut diposting di akun media sosial X atau Twitter, @ARSIP*** pada Jumat (23/8/2024).

Dalam video tersebut, terlihat sekelompok polisi mendatangi warung makan di pinggir jalan. Mereka kemudian menghampiri seorang pria yang sedang makan. Namun, saat pemeriksaan berlangsung, seorang polwan tiba-tiba menegur pria tersebut.

“Kalau diajak ngobrol tuh emang sopan ya sambil makan?” tanya polwan itu sambil menunjuk makanan yang pia itu pegang dari meja di depannya.

Setelah ditegur, pria tersebut langsung melepaskan makanannya. Polisi yang pertama kali menghampirinya memberikan nasihat agar pria tersebut bersikap sopan.

Meskipun demikian, polwan yang menegurnya tidak berhenti. Pria tersebut kembali dimarahi bahkan pundaknya didorong.

“Coba, kalau saya gak menghargai masnya, saya dorong-dorong gitu, enak gak?” tanya polwan tersebut.

Setelah video polwan yang mengganggu orang yang sedang makan itu menjadi viral, akun X milik Divisi Humas Polri, @DivHumas_Polri memberikan klarifikasi.

Menurut Divisi Humas Polri, video tersebut merupakan potongan dari acara televisi yang berjudul The Police yang ditayangkan pada 22 Agustus 2024 pukul 22.45 WIB.

“Di cuplikan video tersebut, dalam upaya memelihara Kamtibmas (keamanan, ketertiban masyarakat), kami memberikan teguran kepada lima orang masyarakat yang sedang mengonsumsi minuman keras di lokasi tersebut,” tulisnya, Sabtu (24/8/2024).

Divisi Humas Polri mengklaim, ada satu orang yang tidak mengindahkan peringatan dan malah menaikkan kaki ke kursi dan membuang puntung rokok ke arah petugas.