Salah satu “asesoris” bawaan revolusi 4,0 adalah media sosial. Media sosial merupakan sebuah media berbasis kecanggihan teknologi yang diklasifikasikan dari berbagai bentuk. Ada seperti majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, siniar, foto atau gambar, video, peringkat dan “bookmark” sosial. Dengan menerapkan satu set teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure – penyingkapan sendiri), Kaplan dan Haenlein dua orang pakar “information and technology” (IT) menciptakan skema atau klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial (disampaikan dalam artikel Horizons Bisnis yang diterbitkan sepanjang tahun 2010).

Saya memilih dua badan yang dibentuk, yakni Badan Jurnal dan Badan Informasi dan Komunikasi. Kehadiran dua badan ini menunjukkan bahwa PP akan menempatkan diri sebagai sebuah ormas yang memiliki kelengkapan piranti organisasi pendukung yang identik dengan yang dimiliki oleh pemerintah. Hal ini pun selaras dengan apa yang dikemukakan Diza bahwa mereka yang terlibat di dalam badan-badan ini kelak jika terjun menjadi bagian dari pemerintah sudah memiliki rekam jejak dan kerja yang selaras dengan kinerja pemerintah.

Kedua badan tersebut juga dimiliki oleh piranti pemerintahan. Hubungan Masyarakat yang dianggap sebagai warisan model institusi penyampai informasi masa lalu, kini sudah banyak yang hilang di lembaga pemerintahan dan berganti dengan dengan nama lain. Jika pun tetap ada, institusi itu sudah diperbaharui dengan sejumlah varian piranti yang mencerminkan pemerintah tidak ketinggalan menyikapi perkembangan revolusi 4,0.

Kehadiran Badan Jurnal khususnya, saya sangat apresiasi karena dia akan menjadi ujung tombak suatu organisasi menghadapi “gempuran” revolusi 4,0 yang serba digital itu. Kehidupan manusia zaman sekarang berada di ujung jari, begitu Radio Republik Indonesia (RRI) selalu menyampaikan slogan tersebut. Apa pasalnya, sebab di era teknologi yang menempatkan telepon pintar (smartphone) sebagai “produk revolusi teknologi raksasa” telah “mematikan” sejumlah piranti lainnya yang selama ini secara parsial dan terpisah selalu menghiasi rumah tangga kita.