Kepuasan pelanggan: Ini mungkin refleksi yang paling akurat dari produk atau layanan yang organisasi sediakan. Pastikan opini pelanggan diambil secara teratur dan objektif, tinjau kembali hasilnya dan ambil tindakan yang sesuai. Memastikan harapan pelanggan Anda sesuai dengan produk atau layanan yang Anda sediakan adalah indikator sebenarnya dari keberhasilan atau kegagalan organisasi Anda.

Jadi, dapat dilihat bahwa ada beberapa bagian dari SMM ISO 9001 yang dapat membantu unit pelayanan pemerintah menyelaraskan produk dan layanan dengan harapan publik. Dan ada juga beberapa unsur dari klausa yang dapat membantu memastikan bahwa unit pelayanan pemerintah dapat memberikan produk dan layanan yang berkualitas secara konsisten.

Penerapan standarisasi ISO oleh unit pelayanan pemerintah memang tidaklah mudah, apalagi diperlukan perubahan mindset budaya kerja unit pelayanan pemerintah yang kerap dicap publik sebagai kurang disiplin, visi dan misi yang kurang jelas, komitmen pelayanan yang rendah, kinerja tak terukur dan lain-lain.

SMM ISO 9001 menuntut unit pelayanan pemerintah untuk memenuhi mutu layanan dengan sebaik mungkin sehingga kualitas pelayanan menjadi konsisten, terukur, dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dilakukan perbaikan berkelanjutan atas mutu layanan yang telah dicapai sebelumnya. Hal ini mungkin menjadi terasa sangat berat apabila tidak didukung oleh SDM/aparatur sipil negara yang handal dan mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan kepuasan publik sebagai tujuan pelayanannya.

Kurangnya pemahaman dan sosialisasi SMM ISO 9001 oleh setiap SDM/aparatur sipil negara juga kerap menjadi kendala dalam penerapan SMM ISO 9001 pada unit pelayanan pemerintah. Memang disadari bahwa penerapan SMM ISO 9001 saat ini masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar dan masih sangat sedikit unit pelayanan pemerintah yang paham dan bahkan menerapkan SMM ISO 9001.