Setelah terselenggaranya kelas advokasi tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat Lembaga Riset sebagai pisau analisis yang kiranya sangat memiliki peran penting untuk membongkar sebuah kepentingan perusahaan, pemerintah ataukah memang penduduk itu sendiri.

Jika dalam melihat sebuah fenomena yang terjadi, reklamasi yang terjadi mungkin saat sekarang ini disebut sebagai pantai Losari yang sebelumnya terjadi Reklamasi besar-besaran hingga pada akhirnya dikenal dan dijadikan sebagai destinasi wisata yang menakjubkan atau bahkan menjadi icon khas kota Makassar. Jadi tak sah rasanya ke Makassar kalau belum ke Pantai Losari.

Memang melihat dari penyulaman sebuah pulau menjadi tempat wisata merupakan hal yang sering kali mendapatkan kontroversi di kalangan masyarakat itu sendiri. Di lain sisi, penduduk sekitar yang notabenenya berpenghasilan dari laut khususnya daerah sekitar pulau basa tersebut merasa terancam karena isu pengelolaan pulau menjadi wisata.

Alasan paling fundamental yang kuat adalah Pulau Basa ini akan dijadikan sebagai salah satu tempat wisata tidak hanya berskala nasional tapi sampai pada taraf internasional yang pastinya untuk pendapatan itu sendiri akan sangat besar. Alasan selanjutnya adalah kondisi Pulau Basa yang tidak diperhatikan dari segi lingkungan dalam hal ini adalah kebersihannya membuat Anak perusahaan Jhonlin tersebut tergerak untuk bisa menjadikan sumber pendapatan yang tidak hanya berdampak pada pemerintah atau perusahaan tapi sampai pada penduduk sekitar sebagai pengalokasian ketenagakerjaan untuk kemudian memakmurkan mayarakat nelayan yang berada pada pinggiran pelabuhan Boepinang.

Lembaga riset yang dibuat oleh organisasi ini (Lembaga Riset) mencoba untuk menelisik secara detail dan aktual tentang pertimbangan apa saja yang akan muncul apabila isu reklamasi itu terjadi begitupun sebaliknya dengan kondisi lingkungan yang tercemar dengan sampah plastik dari para nelayan yang singgah di pulau tersebut untuk menginap, tentunya dari hal tersebut untuk menjaga kondisi sekitar Pulau Basa ini haruslah di perhatikan dengan baik.