KESEHATANPenyebab Kulit Wajah Mengelupas karena adanya peremajaan kulit wajah merupakan proses alami dalam respon tubuh untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, Anda harus berhati-hati jika kulit wajah sangat berduri atau disertai gejala lain, karena kondisi ini bisa menjadi tanda infeksi atau penyakit.

Baca Juga: 4 Fakta Nutrisi Perkuat dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Kulit merupakan bagian tubuh yang mudah teriritasi dan rusak akibat paparan lingkungan atau zat tertentu. Iritasi yang sering ini dapat menyebabkan kulit pecah-pecah.

5 Penyebab Kulit Wajah Terkelupas

1. Terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari yang sering dapat menyebabkan kulit wajah. Sebelum terkelupas, kulit wajah akan menjadi merah dan nyeri serta panas saat disentuh. Ini biasanya terjadi beberapa jam setelah paparan sinar matahari.

Baca Juga : 10 Manfaat Kebugaran Jasmani

Setelah beberapa hari, kulit yang rusak akan terkelupas dan kulit akan mulai sembuh dengan sendirinya. Pengelupasan ini dapat menyebabkan kulit menjadi tidak seimbang dan tampak berbentuk.

2. Kulit kering

Kulit wajah juga berpotensi dialami oleh pemilik jenis kulit kering. Apalagi jika kulit wajah terus-menerus terpapar sabun atau kosmetik, cuaca panas dan dingin yang ekstrem, serta sinar matahari.

Memiliki kulit kering tentu tidak berbahaya, tetapi bisa juga kulit kering yang disebabkan oleh masalah serius, seperti ichthyosis. Ichthyosis adalah penyakit kulit genetik.

3. Penyakit

Alergi adalah hal yang biasa bagi sebagian orang. Ketika kulit wajah bersentuhan dengan zat-zat yang resisten terhadap zat atau zat tertentu yang menyebabkan seseorang terpapar, maka dapat menimbulkan emosi. Tidak hanya pengelupasan kulit, reaksi yang dihasilkan bisa menyebabkan gatal, ruam, atau jerawat pada kulit.

4. Efek samping obat

Obat lain, seperti krim retinoid, asam salisilat, asam glikolat dan AHA (asam alfa hidroksi), dapat menyebabkan kulit wajah terkelupas. Selain itu, efek samping kemoterapi, antibiotik, epilepsi, dan obat antihipertensi tertentu juga dapat melemahkan.

5. Dermatitis atopik (eksim)

Penyebab eksim tidak diketahui dengan pasti, tetapi sering dikaitkan dengan kulit kering, cuaca, masalah sistem kekebalan, infeksi bakteri. SStafilokokus aureusdan faktor genetik.