Opini, Rakyat News – Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki manusia, dengan pendidikan seseorang dapat mengubah keadaan dirinya dari yang awalnya kurang baik, menjadi lebih baik lagi.

Terlebih dalam hal ekonomi, pendidikan memegang peranan penting terhadapnya. Bagaimana tidak, jika seseorang memiliki tingkat pendidikan tinggi, maka ia akan jauh lebih di hargai dan di hormati. Dan dengannya ia bisa memperoleh kelayakan hidup dari segi perekonomian.

Sebaliknya, jika seseorang tidak memiliki pendidikan yang cukup. Maka kemungkinan terbesar yang dialaminya ialah, secara tidak langsung ia akan “terpinggirkan” dari kehidupan masyarakat. Dikarenakan ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan kondisi sekitar yang terus maju dan berkembang.

Tingkat pendidikan seseorang mencerminkan sikapnya, semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki seseorang, maka Ia akan lebih dewasa memandang suatu permasalahan, dari sudut pandang yang jauh lebih luas, ketimbang orang yang tingkat pendidikannya di bawah rata-rata.

Orang yang berpendidikan tinggi, lebih berpotensi untuk membawa kemanfaatan besar bagi sekitarnya, ketimbang yang berpendidikan rendah.

Kita bisa melihat fenomena tersebut dalam kehidupan sehari-hari, lihat saja orang-orang yang berpengaruh, dihormati dan disegani di lingkungan kita. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai pendidikan yang tinggi.

Sebagai contoh, ketika ada acara peresmian kolam renang di kampung. Orang-orang yang diizinkan duduk di barisan terdepan, yang tempat duduknya telah dipersiapkan secara khusus, ialah orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi. Kemudian yang diizinkan untuk berbicara di depan, ialah orang-orang tersebut yang notabennya telah memiliki kecakapan dalam berbicara, karena adanya pendidikan yang ia miliki.

Orang yang memiliki tingkat pendidikan rendah, lebih cenderung melakukan tindak-tindak kejahatan, seperti pencurian, pembegalan, pemerkosaan dan lain sebagainya.