JAKARTA – Akuisisi Twitter oleh Elon Musk telah memicu banyak perdebatan tentang masa depan platform tersebut. Bahkan, Amerika Serikat ikut nimbrung dengan mengungkapkan “kekhawatiran tentang kekuatan yang dimilikinya.

Tetapi pengambilalihan Musk senilai US$44 miliar atau sekitar Rp633 triliun ini juga mengungkap “sejarah twit” kontroversial dari sang pengusaha miliarder kelahiran Afrika Selatan.

Baca Juga : Jaringan Komunikasi Dirusak Rusia, Elon Musk Kirim Layanan Internet Satelit di Ukraina

Sejak bergabung dengan Twitter pada tahun 2009, Musk sering mendapat masalah dan, akibatnya, sudah lebih dari sekali berurusan dengan kasus hukum.

Berikut ini beberapa twit paling kontroversial dari sang pemilik baru Twitter.

Twit tentang penyelamatan remaja laki-laki di gua Thailand

Vernon Unsworth menggugat Musk ke pengadilan – dan kalah – setelah perseteruan di Twitter.

Pada 2019, Elon Musk menghadapi persidangan atas pencemaran nama baik setelah menyebut penyelam gua asal Inggris Vernon Unsworth sebagai “pria pedofil” di Twitter — kiriman tersebut kini telah dihapus.

Unsworth menjadi terkenal di seluruh dunia setahun sebelumnya setelah memimpin upaya untuk menyelamatkan 12 remaja laki-laki ketika mereka terdampar di sebuah gua bawah tanah di Thailand.

Musk berusaha membantu operasi penyelamatan tersebut dan berniat menyumbangkan sebuah kapal selam mini buatannya.

Elon Musk beli Twitter Rp633 triliun, apa yang mau dia ubah?

Alih-alih melakukannya, dia malah terlibat dalam perang kata-kata dengan Unsworth di Twitter setelah sang penyelam menolak tawaran itu, dan menyebutnya sebagai “tindakan Humas”.

Unsworth menggugat Musk atas pencemaran nama baik karena komentarnya itu, menuntut US$190 juta dari Musk, tetapi pengadilan Los Angeles, memutuskan untuk mendukung sang pengusaha.

Pada saat itu, pengacara Unsworth, Lin Wood, mengatakan: “Putusan ini memberi sinyal … bahwa Anda dapat membuat tuduhan apa pun yang Anda inginkan, sekeji apapun itu, dan tidak benar, dan seseorang bisa lolos begitu saja.”