Determinant utama mengganasnya pertumbuhan kasus tidak terlepas dari munculnya berbagai varian baru covid  19 dengan daya tular yang lebih tinggi dan angka reproduksi efektif dua kali lipat dari varian sebelumnya. Bahkan hingga sekarang 93%  dari kasus yang ada merupakan varian baru dalta delta plus. Selain karena mengganasnya varian delta tentu akumulasi  berbagai faktor  juga memberi andil yang tidak sedikit terutana dari aspek karakter populasi/penduduk yang cenderung abai terhadap protokol kesehatan. Angka penggunaan masker yang terus menurun, ketidak mampuan menjaga jarak fisik dengan yang lain  serta rendahnya kebiasaan mencuci tangan setiap beraktifitas (28%). Serta adanya mobilitas yang tinggi terkait dengan nataru dan liburan idul fitri serta idul adha.

 

Berkenaan dengan analisis determinan covid 19  tersebut  jelas lah bahwa untuk mengontrol  pertumbuhan kasus secara eksponensial  covid 19, langkah utamanya adalah;

a. Isolasi virusnya apapun typenya  dengan Prokes yang ketat

b. Intesifkan tracing kasus hingga  ratio 1: 15 secaea benar

c. Memastikan Testing secara massive.

d. Semua kasus yang terkonfirmso dengan gejala ringan sampai sedang diisolasi secara terintdgrasi di FIT yang telah disediakan.

Pada beberapa pekan ke depan ada kecenderungan kasus akan semakin terkendali baik karena secara alamiah pandemik telah mencapai anti klimaks curva pandemiknya dan intervensi non pharmasi yang secara simultan berdampak pada pengebdalian yang semakin terkontrol.

 

Hal yang perlu perhatian selanjutnya adalah;

a. Pembukaan sekolah, yang berpotensi membentuk kluster sekolah.

b. Pembukaan pusat bisnis yanv tetap ketat terhadap prokes.

c. Kebut vaksin hingga cakupannya terpenuhi.

Makassar 2 September 2021

Prof Ridwan Amiruddin