RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2023. Tema Rakernas ini adalah ‘Fakir Miskin dan Anak Terlantar Dipelihara oleh Negara’.

Baca Juga : Wacana Duet Prabowo-Gibran Diungkap Netizen, Ini Reaksi Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba sekitar pukul 09.44 WIB. Jokowi datang mengenakan baju batik hitam bernuansa merah.

Ganjar, Hasto, dan Prananda Prabowo langsung menyambut kedatangan Jokowi. Setelah itu, Jokowi langsung masuk ke dalam gedung.

Sebelum Jokowi, sudah hadir sejumlah pejabat tinggi partai yakni Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo, dan Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP, Prananda Prabowo.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan acara digelar secara tertutup. Dalam Rakernas ini akan dibahas hal-hal strategis terkait pemenangan pemilu.

“Kepada teman-teman media mohon maaf, acara Rakernas III bersifat tertutup. Rakernas akan membahas hal-hal strategis terkait Pemenangan Pemilu,” katanya, Selasa (6/6/2023).

Hasto mengatakan Jokowi juga akan menyampaikan arahan khusus berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam memerangi kemiskinan. Lebih lanjut, kata Hasto, Jokowi bakal memberikan arahan terkait Pemilu 2024

“Dalam Rakernas ini, Presiden Jokowi akan memberikan arahan khusus, hal-hal strategis terkait kebijakan pemerintah dalam memerangi kemiskinan serta arahan Beliau berkaitan dengan Pemilu 2024, mengingat Presiden Jokowi merupakan kader PDI Perjuangan,” tuturnya.

Hasto pun menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang mengalami kemacetan karena berlangsungnya rakernas di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

“Kami memohon maaf kepada masyarakat yang melintas Jalan Raya Lenteng Agung jika mengalami kemacetan selama berlangsungnya acara Rakernas,” ucapnya, dilansir detik.com.

Untuk diketahui, Rakernas PDIP ini berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 6 hingga 8 Juni 2023. Acara ini juga diikuti oleh seluruh jajaran DPP Partai, ketua, sekretaris dan bendahara DPD PDIP seluruh Indonesia hingga kepala poksi dan pimpinan Komisi Fraksi PDIP DPR RI.

Selain itu, ada juga pemaparan soal kebijakan pengentasan kemiskinan yang dibawakan oleh kepala daerah yang merupakan kader PDIP yaitu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim.