Makassar, Rakyat News – Hangatnya pesta demokrasi rupanya ikut mewarnai Rapat Kerja (Raker) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Sulsel, di Kenari Tower, Jalan Yusuf Latumahina, Senin (11/9) kemarin. Bahkan, organisasi para kepala desa se-Sulsel ini akan menggelar konvensi kandidat versi kepala desa.

 

Ketua Umum Apdesi Sulsel, Sri Rahayu Usmi, menegaskan semua perwakilan DPC Apdesi kabupaten yang hadir dalam raker tersebut sepakat ingin menggelar konvensi guna menjaring kandidat yang betul-betul pro kepala desa dan siap memperjuangkan lesejahtraan para kepala desa.

“Semua kandidat yang bertarung dalam tiap kontestasi perpolitikan di Sulsel akan kami undang. Yang mau hadir silahkan, yang tidak mau hadir juga tidak kami paksa untuk hadir. Namun, jika tak bersedia hadir, maka kami mencatat yang bersangkutan tidak mempunyai niat bersama membangun desa,” paparnya.

 

Seusai Raker ini, kami segera membentuk kepanitiaannya guna mempersiapkan segala sesuatu hal, jelang konvensi ini. “Ini bukan mengarahkan Apdesi untuk mendeklarasikan salah satu calon, tetapi memberikan pemahaman kepada kami para kepala desa, bahwa figur yang mana saja dapat berjuang bersama kami di desa kelak,” tuturnya.

 

Ketua DPC Apdesi Sidrap, Ukkas Sulaeman, menambahkan, konvensi yang akan digelar dalam bentuk diskusi mendalam bersama kandidat mengenai isu-isu yang ada di desa. “Satu persatu kami dalami, kami diskusi bersama. Jika memungkinkan ada debat seputar desa, kami peradakan di beberapa titik pada wilayah DPD Apdesi Sulsel,” paparnya.

 

Konvensi ini diklaimnya sebagai program percontohan kepada daerah lain, agar kepala desa tidak hanya ditunggani untuk kepentingan politik sesaat. “Kami bukan alat politik, tapi kami ingin memberikan pemahaman kepada teman-teman di desa, bahwa inilah realitas politik,” ungkapnya.