RAKYAT.NEWS, YOGYAKARTA – Dalam masa kampanye Pemilu 2024, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan berbagi tugas dengan anaknya yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

AHY mengungkapkan bahwa selama dua pekan terakhir, dirinya fokus kunjungan ke DKI Jakarta, Jawa Barat, serta Banten. Sedangkan SBY ke Jawa Timur, Jawa Tengah, serta DIY.

“Pak SBY benar-benar turun gunung untuk bisa menyemangati para caleg para kader partai Demokrat dalam perjuangan di dapil masing-masing. Nah Pak SBY dua minggu terakhir ini memang lebih banyak berada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta,” kata AHY di Grand Diamond, Sleman, Kamis (14/12/2023).

Langkah AHY dan SBY turut diikuti para elite Partai Demokrat lainnya, macam Teuku Riefky Harsya, Andi Malarangeng, hingga Andi Arief yang mengunjungi wilayah berbeda.

AHY menjelaskan bahwa Pemilu 2024 dilakukan secara serentak. Masyarakat akan memilih calon presiden-wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta DPD RI. Setelah itu, akan dihelat Pilkada serentak di seluruh Indonesia.

AHY ingin bagi-bagi tugas yang dilakukan selama ini bisa optimal dalam meraih suara untuk caleg Demokrat serat capres-cawapres yang diusung yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Jadi tujuan Pemilu 2024 ini tentu ganda. Kita ingin sukses dan menang pilpresnya, kita juga ingin sukses dan menang pileg kita. Setelah itu sesaat kemudian kita juga mempersiapkan pilkada,” kata AHY.

Partai Demokrat merupakan salah satu pengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024.

Demokrat tergabung Koalisi Indonesia Maju bersama Gerindra, Golkar, PAN, PBB, Gelora, PSI serta Garuda dan Prima.