RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyindir Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang kini dinilai tidak mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), padahal sempat menghadiri peresmian dan ikut potong tumpeng.

 

“Saya ingat sekali Gus Imin dulu sempat ikut meresmikan dan potong tumpeng di IKN, ini gimana ndak konsisten, dulu dukung, sekarang ndak dukung karena menjadi wakilnya Pak Anies yang mengusung tema perubahan,” ujar Gibran.

 

Sebelumnya, Cak Imin menjelaskan bahwa 1 persen dari anggaran hampir Rp 500 triliun investitasi pembangunan IKN yang mengandalkan APBN dinilai bisa membangun seluruh jalan di pulau Kalimantan.

 

Selain itu, Cak Imin juga mengungkapkan gagasannya ingin membangun sejumlah 40 kota yang setara dengan Jakarta, dalam upaya pemerataan pembangunan nasional.

 

Menanggapi hal tersebut, Gibran menilai bahwa gagasan Cak Imin terbilang aneh, karena untuk membangun 40 kota selevel dengan Jakarta tentunya membutuhkan biaya atau anggaran besar yang setara atau bahkan melebihi pembangunan IKN.

 

“Gus Imin ini agak aneh ya pengen bangun kota selevel Jakarta, tapi ndak setuju sama IKN. Tapi monggo lah ya ndak apa-apa,” katanya.