RAKYAT.NEWS, BANTAENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng menggelar rapat koordinasi persiapan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) menjelang masa tenang Pemilu 2024 di Cafe Konijiwa pada Jumat (9/2/2024).

Hal itu berdasarkan Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2023 tentang Penyelenggara Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten Kota.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kapolres, DANDIM 1410, Kepala Badan Kesbangpol, SATPOL PP, PPK, dan Parpol.0

Ketua KPU Bantaeng, Muhammad Saleh terkait penyaluran logistik mengatakan, akan dilakukan distribusi sebelum tanggal 14 di setiap Desa/Kelurahan.

“Sebelum tanggal 14 kami akan distribusikan logistik ke setiap desa, semoga tidak hujan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap di masa tenang APK dan bahan kampanye yang terpasang di pohon-pohon diturunkan.

“Tentu 3 hari sebelum hari H itu masa tenang yang diharapkan benar-benar tenang. Kami sangat berharap semua alat kampanye di pohon-pohon itu diturunkan paling lambat sebelum hari H masa tenang,” terangnya.

“Untuk lokasi yang disiapkan oleh KPU dan ruang privat sehari sebelum hari H. Sehingga kalau kemudian tidak juga, nanti akan dieksekusi di tanggal 13,” jelasnya.

Lebih lanjut, Saleh menyebut Kabupaten Bantaeng menjadi wilayah aman pada ketertiban APK.

“Yang balok-baloknya kalau bisa dibuat kandang ayam, bisa juga disedekahkan, kan menjadi pahala,” ucap Saleh.

“Alhamdulillah Bantaeng ketika turun rekomendasi dari Bawaslu, Pemda, Satpol PP, kita aman-aman saja dibandingkan dengan Kabupaten lainnya,” katanya.

Ketua Divisi Teknis dan Sumber Daya Manusia KPU Bantaeng, Aspar Ramli mengimbau saat masa tenang tidak ada lagi soal yang perlu didiskusikan.

“Di masa tenang nanti itu proses pembersihan. Itu sifatnya pembersihan dan tidak ada lagi diskusi,” jelasnya.