RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengaku memegang prinsip pemenang pilpres ada di pemerintahan, dan yang tidak ada di luar pemerintahan. Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem, Ahmad Ali, menyatakan saat ini sedang menunggu hasil resmi pilpres dari KPU.

“Belum ada hasil pilpres, belum bisa ditanggapi,” ujarnya, Rabu (13/3/2024).

Ali enggan menjawab lebih jauh apakah sejalan dengan prinsip Anies yang berada di luar pemerintahan. Namun, kata Ali, baik di dalam maupun di luar pemerintah, sama-sama posisi yang terhormat.

“Prinsipnya di luar dan di dalam pemerintahan sama terhormatnya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan, meminta seluruh pihak menunggu hasil Pilpres 2024 yang resmi ditetapkan KPU. Meski begitu, Anies mengatakan pemenang pilpres ada di pemerintahan, dan yang tidak berada di luar pemerintahan.

“Kalau ternyata hasilnya berubah gimana? Kalau ternyata ada putaran kedua gimana? Kalau ternyata ada hasil yang berbeda gimana? Jadi kita tunggu sampai tanggal 20 (Maret) baru kemudian nanti kita akan sampaikan,” katanya, Rabu (13/3/2024).

“Tapi saya berpesan tadi benar bahwa di dalam proses pemilu itu akan ada selalu yang menang berada di pemerintahan, yang tidak berada di luar pemerintahan. Saya pegang prinsip itu aja,” tambahnya.

Anies menilai, baik di dalam maupun di luar pemerintahan, peran oposisi sama pentingnya. Ia juga menegaskan prinsip tersebut sudah disampaikan sejak debat capres pertama pada 12 Desember 2023 lalu.

“Saya pernah katakan bukan di debat? Debat pertama saya bilang, bahwa jangan sampai kita tidak tahan berada di posisi oposisi,” jelasnya.

(rn/dtk)