RAKYAT NEWS, JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap ribuan personel untuk mengawal hasil pengumuman rekapitulasi suara Pemilu 2024 oleh di sekitar Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus) Senin (18/3/2024).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko telah menyiapkan personil untuk membantu menjaga keamanan dalam hasil rekapitulasi perhitungan suara pemilu 2024.

“Jumlah personel yang disampaikan pada titik pengamanan sebanyak 4.992 personel Polri, gabungan juga dengan stakeholder dan juga terdiri satgaspus atau pusat Mabes Polri dan juga satgas daerah yaitu Polda Metro Jaya,” katanya, dikutip dari detiknews.

Dia mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa yang akan terjadi, ia meminta masyarakat agar menyampaikan pendapat sesuai dengan aturan yang ada.

“Terkait dengan penyampaian atau kebebasan mengungkapkan pendapat di muka umum, tentu sudah diatur dalam peraturan undang-undangan. Artinya segala sesuatu yang mengungkapkan pendapat secara konstitusi dibolehkan, namun demikian secara hukum diatur, secara undang-undang diatur,” jelasnya.

“Maka Polri akan melakukan pengamanan sebagai koridor pengamanan karena salah satu daripada kehidupan bermasyarakat dalam mengungkapkan pendapat, tentu Polri akan mengamankan sebagaimana koridor pada aturan undang-undang yang berlaku,” tambahnya.

Sementara Kepala Operasi Mantap Brata Komjen Fadil Imran mengatakan bahwa pengamanan tersebut merupakan bentuk komitmen polri dalam menjaga penyelenggaraan pemilu 2024.

“Dalam rapat kita sudah membangun tiga simulasi, tentu kalau situasinya landai normal tetap kita akan berlakukan situasi normal. Tapi kalau ada manakala ada peningkatan eskalasi tentu akan terjadi penambahan-penambahan personel dengan mengedepankan tindakan-tindakan preemtif dan preventif,” ungkapnya.

Diketahui, batas akhir pengumuman penetapan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 ialah pada Rabu, 20 Maret 2024 mendatang. Dia menyebut, pihaknya telah mengantisipasi dan menyiapkan langkah persuasif, edukatif dalam pengamanan.