Dukungan UMKM, hampir semua aspek kehidupan terdampak pandemi Covid-19 tak terkecuali dunia usaha UMKM. UMKM yang selama ini sebagai penopang perekonomian diberikan bantuan sebagai tambahan modal kerja (BPUM) dan juga subsidi bunga.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam Program PC-PEN

Sebagai salah satu unit eselon I di Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan berperan dalam mendorong belanja PC-PEN baik belanja pusat maupun belanja daerah. Terhadap belanja pusat, Direktorat Jenderal Perbendaharaan melakukan upaya percepatan realisasi belanja PC-PEN pada Kementerian/lembaga melalui berbagai instrumen relaksasi kebijakan. Hal ini memberikan kemudahan Kementerian/Lembaga dalam melakukan percepatan belanja khususnya belanja untuk penanganan Covid-19.

Untuk memastikan bahwa semua kebijakan PC-PEN dapat berjalan efektif dan dilaksanakan berdasarkan mekanisme yang telah ditetapkan maka kanwil Ditjen Perbendaharaan sebagai unit vertikal di daerah, harus mampu mengambil langkah strategis. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah mendorong percepatan realisasi belanja baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Dengan adanya percepatan belanja yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah diharapkan dapat menjaga daya beli masyarakat sehingga konsumsi masyarakat terjaga yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dalam mendorong akselerasi belanja PC-PEN, Kkanwil Ditjen Perbendaharaan melakukan sosialisasi kepada satker dan pemerintah daerah terkait kebijakan penyaluran belanja PC-PEN sehingga belanja PC-PEN cepat dieksekusi dan dikmati oleh penerima manfaat.

Selain itu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan sebagai wakil menteri keuangan di daerah juga berperan dalam mengawal dan memastikan bahwa dana untuk PC-PEN yang telah disalurkan telah berjalan dengan efektif dan telah memberikan manfaat bagi penerima manfaat.

Oleh karena itu, diperlukan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan baik dengan pemerintah pusat maupun dengan pemerintah Daerah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, perbankan, Lembaga Keuangan Bukan Bank, serta para pelaku usaha hingga masyarakat.