Melalui sinergi yang dibangun oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan, dana untuk dukungan UMKM dan dunia usaha dapat disalurkan oleh pihak-pihak terkait dan benar-benar digunakan untuk masyarakat yang terdampak sehingga usaha mereka bisa bangkit dan bertahan akibat pandemi Covid-19.

Salah satu langkah strategis yang tidak kalah penting yaitu monitoring dan evaluasi PC-PEN kepada pihak-pihak terkait. Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh kanwil Ditjen Perbendaharaan dalam bentuk rapat koordinasi dan Focus Group Discussion.

Melalui kegiatan ini, kanwil dapat mengidentifikasi adanya potensi-potensi anggaran yang tidak terserap baik pada pemerintah pusat maupun pada pemerintah daerah serta memotret lebih jauh kondisi yang terjadi di masyarakat yang menjadi bahan pengambilan kebijakan penyaluran belanja PC-PEN yang tepat sehingga penyaluran belanja PC-PEN dapat berjalan secara efektif dan tepat sasaran.

Simpulan

Program PC-PEN berjalan dengan baik sehingga berhasil menurunkan kasus Covid-19 pada periode triwulan III tahun 2021 dan berhasil memberikan dorongan pertumbuhan ekonomi pada kondisi yang lebih baik. Hal ini akan menjadi catatan sejarah tersendiri dimana Pemerintah melalui berbagai kebijakan anggarannya telah berhasil keluar dari masa resesi sebagai dampak pandemi dan akan menjadi salah satu bentuk kebijakan dalam mengatasi kondisi yang serupa di masa mendatang.

Pilihan Video