RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Buku elektronik Pemilu Damai Pedia dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang didalamnya akan dimuat informasi lengkap Pemilu 2024.

Tidak hanya itu, buku elektronik tersebut juga dapat digunakan untuk mengecek hoaks yang berkaitan dengan pemilu.

“Sebagai salah satu sarana menambah wawasan dan pemahaman terkait Pemilu juga untuk memudahkan masyarakat memperoleh berbagai informasi Pemilu 2024, Kementerian kominfo meluncurkan buku elektronik Pemilu Damai Pedia,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong pada peluncuran Pemilu Damai Pedia di kantor Kominfo, Jakarta, Senin (4/12/2023), dikutip dari CNNIndonesia.com.

“Pemilu Damai Pedia diharapkan bisa memberikan pengetahuan menyeluruh kepada masyarakat terkait berbagai hal pemilu, mulai proses tahapan hingga pelaksanaannya untuk kemudian masyarakat turut mengambil peran menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024,” lanjutnya.

Pemilu Damai Pedia dapat diakses lewat tautan berikut. Pada halaman tersebut terdapat daftar buku elektronik dengan berbagai topik, mulai dari info pemilu 2024 secara umum, profil partai peserta pemilu 2024, profil capres dan cawapres, hingga jadwal pemilu.

Kemudian, kita juga dapat mengecek apakah diri kita sudah masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum. Kita tidak bisa mengecek seluruh DPT, melainkan hanya nama kita sendiri.

“Di dalam Pemilu Damai Pedia masyarakat bisa mengetahui Daftar Pemilih Tetap. Jadi bisa mengetahui apakah dirinya sudah masuk DPT. Jadi bukan tahu semua data pemilih,” kata Usman.

“Jangan salah paham seolah-olah di Pemilu Pedia kita bisa melihat seluruh DPT. Tidak, tidak seperti itu ya. Jadi khusus untuk kita atau mungkin keluarga kita,” ucap dia.

Selain itu, kita juga dapat mengecek daftar calon legislatif mulai dari DPD, DPRD, hingga DPR.