RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mempertanyakan investor yang dikatakan oleh Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang menyebut anggaran untuk IKN hanya 20% dari APBN dan sisanya dari Investor.

Sepengetahuan Mahfud, belum ada investor yang masuk ke pembangunan IKN. “Kalau memang ada sebutkan 2 atau 1 investor mana yang sudau masuk kesana (IKN),” katanya dalam debat Cawapres di KPU RI, Jumat malam (22/12/2023).

Malah sebaliknya, Mahfud mendengar ada ribuan hektar tanah yang telah di kuasai pengusaha-pengusaha tertentu sekarang ini.

“Saya sangat setuju harus mengundang investor, IKN harus diteruskan tetapi pendanaannya sesuai tujuan semula bahwa tujuannya mengundang investor,” ujarnya.

Akan tetapi, Mahfud menyatakan semua infrastruktur yang sudah jadi menggunakan APBN. “Sehingga memang langkah-langkah perbaikan warisan baik dari presiden Jokowi bisa kita lanjutkan,” kata dia.

Menjawab itu, Gibran meminta Mahfud agar mencari informasi tentang investor IKN di internet. “Prof Mahmud mungkin nanti pulang debat bisa cari di Google, sudah banyak yang masuk (Investor),” tuturnya.

“Mayapada, Agung Sedayu mungkin akan tambah lagi setelah Pilres.Karena kan mereka investor akan melihat stabiltas politik di indonesia,” lanjut dia.

Sebelumnya, Gibran menyatakan pembangunan IKN tidak sampai 100% menggunakan APBN. “Digunakan hanya 20% sisanya investasi pihak swasta, investasi dari luar negeri,” pungkas dia.

Dengan demikian, Gibran menilai pembangunan inspraktruktur fisik dan SDM sama sangat pentingnya.

“Dijalankan secara paralel, untuk menuju Indonesia emas. Dibutuhkan generasi emas kita butuh Features talens yang menguasai Features Skill,” kata Gibran.