Diperlukan jaminan baik satker maupun UMKM dari potensi pencurian data dan cyber crime, sehingga dilakukan antisipasi secara kontinyu memperbaharui keamanan sistem digipay. Ketiga, kebiasaan baik satker maupun UMKM yang masih memilih untuk melakukan transaksi secara tunai.

Hal ini banyak dialami di daerah karena latar belakang sosial budayanya yang sudah sangat nyaman menggunakan uang tunai untuk bertransaksi. Keadaan ini tidak lepas dari beragamnya masyarakat di Indonesia dengan tingkat pendidikan dan pemahaman terhadap teknologi yang belum merata serta kurangnya literasi keuangan.

Sosialisasi terus dilakukan secara optimal sehingga literasi keuangan dan kompetensi digital menjadi semakin baik. Keempat, Aplikasi digipay masih dianggap tidak mudah dalam penggunaannya baik oleh satker maupun UMKM, hal ini terjadi karena masih belum terbiasa dengan transaksi online.  

Demikian artikel ilmiah popular berjudul Digipay Mendukung Cashless Belanja Pemerintah  ini disampaikan. Penulis menyimpulkan bahwa keberhasilan digipay menjadi tugas kita bersama sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 97/PMK.05/2021 dan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-7/PB/2022. Sinergi dan koordinasi dari berbagai pihak sangat diperlukan mulai dari pemerintah, bank, satker, maupun vendor/UMKM untuk mensukseskan implementasi digipay.

Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan agar tujuan strategis dari implementasi digipay Mewujudkan Ekonomi Digital dalam Memperkuat Daya Saing Ekonomi Daerah Dapat Tercapai.

Keterlibatan dari pihak perbankan masih perlu ditingkatkan, perbankan diharapkan dapat memberikan dukungan dalam peningkatan kualitas infrastruktur serta sosialisasi ekonomi digital, khususnya marketplace dan digipay.

Satker juga harus lebih membiasakan diri untuk bertransaksi menggunakan digipay dan turut aktif dalam mendaftarkan vendor/UMKM mitranya untuk menjadi bagian dari digipay, sedangkan vendor/UMKM sendiri juga diharapkan untuk lebih terbuka terhadap budaya bertransaksi secara digital dan non tunai (cashless society).