RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Nama Tom Lembong bolak-balik disebut cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam debat Pilpres semalam. Saat Gibran memberi pertanyaan ke cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Nama Tom Lembong awalnya disebut oleh Gibran dari Cak Imin yang merasa tidak puas dengan pertanyaan Gibran mengenai kawasan bioregional. Cak Imin menilai pembangunan di Indonesia tidak bisa disamaratakan.

“Pertanyaan saya tidak terjawab sama sekali. Karena di UU kita juga dinyatakan potensi bioregional kita itu adalah bahwa wilayah nasional kita bukan terbagi bukan saja karena politik dan administrasi, tetapi ekosistem lingkungannya ada sekaligus juga komunitas masyarakat yang tumbuh juga menjadi pertimbangan. Papua misalnya, jangan pernah salah dalam membangun Papua. Papua harus berbasis pemerataan dan keadilan yang sempurna. Maluku misalnya, dengan kekuatan maritimnya. Maluku menjadi bioregional untuk pengembangan ekonomi kelautan dan perikanan,” ujarnya, Minggu (21/1/2024).

Lalu Gibran menjawab. Ia menegaskan, pembangunan ke depan tidak lagi bersifat Jawa sentris.

“Harus Indonesia sentris, pembangunan IKN sebagai simbol transformasi pembangunan Indonesia, Papua dan lain-lain. Itu kan tadi sudah saya jawab. Intinya sekali lagi pembangunan tak boleh Jawa sentris, harus lebih memerhatikan masyarakat terutama yang di luar Jawa, biar bisa merasakan akses konektifitas yang lebih baik,” katanya.

Gibran juga mengatakan inflasi harus diturunkan, kemudian meningkatkan peluang kerja, serta menumbuhkan titik pertumbuhan ekonomi baru. Pada momen inilah Gibran menilai Cak Imin tidak memahami pertanyaannya sendiri. Gibran lantas menuding Cak Imin mendapat bocoran dari Tom Lembong.

“Itu kan tadi sudah saya jawab Gus. Mungkin Gus Muhaimin juga tak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya, mungkin itu kan dapat contekan dari Pak Tom Lembong,” ucapnya.

(rn/dtk)